Selamat Datang di Situs Resmi MTs. Hasan Jufri

Cara Verval NSM di Simpatika

Cara Verval NSM di Simpatika - Setelah beberapa hari yang lalu kami telah update artikel tentang info pemutakhiran simpatika dan setelah itu kami juga update tentang ulasan ekuivalen beban kerja guru di simpatika. Kali ini ada info terbaru lagi terkait dengan simpatika.

Info tersebut adalah tentang Verval NSM atau Nomor Statistik Madrasah. Verval ini beberapa kali dibicarakan tim emis bahwa akan ada verifikasi dan validasi NSM. Namun yang terakhir disampaikan pada 1 Februaari silam ketika info pemutakhiran simpatika di bagikan.

Akhirnya setelah beberapa hari, pada 6 Februari petang, fitur Verifikasi dan Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) dilaksanakan. Setiap madrasah harus melakukan verval NSM ini untuk menjamin sinkronnya data antara Simpatika dan Emis.

hal ini akan menjadi langkah awal dalam melakukan sinkronisasi data antara dua sistem layanan data milik Kemenag ini. Simpatika akan lebih fokus ke Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam kaitan kelayakan mendapatkan tunjangan, sedangkan data kemadrasahan terutama data siswa diambilkan dari data Emis.

 Baca Juga :

Lantas bagaimana langkah Verval NSM tersebut ?


Bapak Ibu Guru atau operator alhamdulillah pada kesempatan kali ini kami akan membuat tutorial bagaimana langkah cara Verval NSM. Baiklah silahkan dibaca tutorial dibawah ini dengan teliti. Budayakan membaca dari awal hingga akhir agar tidak ada info yang terlewati.
Berikut tutorialnya ..... !

Tutorial Cara Verval NSM di Simpatika


Cara melakukan Verval NSM adalah sebagai berikut:
  1. Kepala Madrasah atau Operator Madrasah login ke layanan Simpatika
  2. Setelah login, pilih layanan Madrasah (Sekolah). Jangan memilih yang PTK.
  3. Akan muncul kotak pesan "Verval Nomor Statistik Madrasah"
  4. Isikan NSM RA/Madrasah pada kolom yang tersedia
  5. Klik "Cek Data"
  6. Muncul kotak preview yang menampilkan Nama RA/Madrasah, Jenjang, dan Kota baik di layanan Simpatika maupun di Emis.
  7. Lakukan pengecekan, apakah memang sudah benar.
  8. Jika sudah benar, klik "Simpan"
  9. Selesai
Jika sudah sampai langkah nomor 6 diatas namun ada peringatan atau muncul Data yang Ditampilkan Tidak Sama, Apa yang harus dilakukan ?

Jika Data yang Ditampilkan Tidak Sama

Saat preview data, lihat langkah ke-6 di atas, antara data yang ditampilkan di kolom Simpatika dan Emis tidak sama apa yang harus dilakukan?
Jika data NSM (Nama, Jenjang, dan Kota) yang ditampilkan di kolom EMIS sudah benar, dan RA/Madrasah tersebut memang RA/Madrasah Anda, silakan langsung dilanjut dengan mengklik "Simpan". 
Data di Simpatika, terutama nama lembaga, memang bisa saja sedikit berbeda. Karena data ini bisa diedit oleh Admin Kab/Kota sehingga di banyak kasus di beri penambahan seperti nama desa. Sehingga akhirnya malah berbeda dengan data di dokumen resmi madrasah (Piagam Pendirian/Ijin Operasional). Sebaliknya data di Emis sudah melalui Verval SP yang dilakukan berjenjang mulai tingkat madrasah, kabupaten, hingga Kanwil Kemenag.
Kemudian jika ingin menyamakan nama madrasah di akun Simpatika dengan nama madrasah sebagaimana yang tertulis di Emis (dan tentunya dokumen resmi madrasah) tinggal menghubungi admin Simpatika tingkat Kab/Kota.
Namun jika data NSM yang salah adalah data yang berada di kolom EMIS, maka ada baiknya untuk menunda dulu verval NSM. Lakukan kordinasi dengan admin Emis Kab/Kota untuk memperbaiki data tersebut via Verval SP.
Demikian terkait dengan pelaksanaan Verval NSM di layanan Simpatika. Besar harapan kita agar verval NSM Simpatika ini akan segera ditindaklanjuti dengan sinkronisasi data antara Simpatika dan Emis. Sehingga sistem pendataan yang ada di madrasah semakin efisien.
------------
Selamat bekerja, silahkan hubungi Admin dengan cara Klik disini..!
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Dibuat Pada Tanggal © 27 Juli 2017. MTs. HASAN JUFRI - Oleh SaLam Palsuh
Website Milik MTs. Hasan Jufri Admin SaLam PaLsuh
Proudly powered by Blogger