INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MTs. Hasan Jufri merupakan salah satu madrasah yang dalam naungan kementerian Agama Kab. Gresik. Seperti MTs pada umumnya MTs. Hasan Jufri juga merupakan lembaga pendidikan setingkat SLTP yang menyertakan kurikulum keagamaan sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sudah di gariskan oleh KEMENAG. Dalam perkembangannya MTs. Hasan Jufri mempunyai tujuan khusus menjadi sebuah lembaga berwawasan lingkungan (Adiwiyata) yang mampu mencetak lulusan (output) yang sholeh dengan bekal IMTAQ dan IPTEK yang mumpuni.
Menjawab tuntutan era globalisasi yang mempersyaratkan penguasaan IT dan kelihaian dalam berkomunikasi, maka MTs. Hasan Jufri membuka Kelas Unggulan, yaitu Kelas ICP (International Class Program) yang melaksanakan dua kurikulum (Kurikulum Nasional K-13 dan Kurikulum Internasional/Kurikulum Cambridge). Kelas ICP ini menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa pergaulan sehari-hari antar sesama siswa ICP dan Guru.
A. STRUKTUR KEPENGURUSAN ICP :
Kepala MTs. Hasan Jufri : MUQRI, S.Pd.SD (085335077259)
Koordinator ICP : AINUN JARIYAH, S.Si (085259101663)
Wali Kelas 9 : FATIMAH, S.Ag, M.Pd.I (081331319766)
Wali Kelas 8 : MUSA AL ASY’ARI, S.Pd (082141583716)
Wali Kelas 7 : AINUN JARIYAH, S.Si (085259101663)
B. TENAGA-TENAGA PENDIDIK ICP :
1. Muqri, S.Pd.SD : Guru Sains (IPA)
2. Saenawi, SE, M.Pd.I : Guru Ekonomi
3. Moh. Kholil, S.Pd.I : Guru Fisika dan Biologi (IPA)
4. Rahman, S.Pd : Guru Bahasa Inggris
5. Masrurah, S.PdI : Guru SBK
6. Fikri, S.Pd : Guru Sejarah
7. Zubaidi, S.Pd.I : Guru Olahraga dan Geografi
8. Mohammad Khoiron, S.Pd : Guru Aqidah Akhlaq, Fiqih, dan SKI
9. Ainun Jariyah, S.Si : Guru Matematika
10. Fatimah, S.Ag, M.Pd.I : Guru Bahasa Indonesia
11. Sholeh Efendi, S.Pd.I : Guru Bahasa Arab
12. Madani, ST : Guru Fisika dan Biologi (IPA)
13. Fauzi, S.PdI : Guru TIK, Al-Qur’an Hadist dan Bahasa Arab
14. Musa Al-Asy’ari, S.Pd : Guru Bahasa Inggris
15. Juairiyah, S.Si : Guru Kimia (IPA)
C. JAM KEGIATAN BELAJAR – MENGAJAR (KBM) :
1. Jam 07.15 – 07.45 WIS : Kegiatan Shalat Dluha
2. Jam 07.45 – 10.05 WIS : Kegiatan Belajar – Mengajar Pertama
3. Jam 10.05 – 10.35 WIS : ISTIRAHAT
4. Jam 10.35 – 13.00 WIS : Kegiatan Belajar – Mengajar Kedua
5. Jam 13.00 WIS : Kegiatan Belajar – Mengajar selesai dan siswa dipulangkan.
D. PROGRAM UNGGULAN ICP
1. Excursion, program inovatif yang mengajak peserta didik pembelajaran dan penelitian secara langsung ke lapangan. Setelah kegiatan Excursion peserta didik diharuskan laporan hasil observasinya dalam bahasa Indonesia dan menceritakan perjalanan dan kegiatan yang dilakukan dalam bahasa Inggris (Recount Text). Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka cakrawala pengetahuan peserta didik tentang dunia luar dan agar pembelajaran tidak monoton dilaksanakan di dalam kelas.
Jadwal Pelaksanaan Excursion
Kelas Waktu Pelaksanaan Mapel Tujuan
VII Semester I IPA, IPS - Observasi BMKG Sangkapura
- Ziarah makam wali di bawean
VIII Semester I Bhs. Inggris - Candi Borobudur dan Prambanan
- English Camp di Pare Kediri
IX Semester I IPS, … - Dinas Perhubungan Sangkapura
- Atau Dinas Lainnya
2. Peer Teaching
Peserta didik di ajak mengunjungi beberapa SD dan MI untuk mengajak dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal semester ke II setiap tahun.
3. Les Jum’at Sore
Dalam satu minggu sekali siswa ICP menerima pelajaran tambahan pada hari Jum’at sore yang dimulai pukul 14.00 sampai 16.00 meliputi :
1. Matematika
2. Bahasa Inggris
3. Sains, dan
4. Intensive English
4. Art Performance
Program ini di gagas untuk menfasilitasi dan mengasah bakat peserta didik sehingga mereka mampu mengekspresikan bakat dan kreatifitasnya. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali diluar jam pelajaran (sore hari). Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan adalah :
a. Speech (pidato berbahasa Inggris)
b. Berlatih MC (pembawa acara berbahasa Inggris)
c. Menampilkan seni Teater
d. Seni kercengan dan zamroh
e. Dan lain-lain.
5. Tasmi’ Juz Amma dan Tadabbur Qur’an
a. Tasmi’ Juz Amma, Peserta didik dibimbing untuk menghafal Al-Qur’an (juz Amma) selama 3 tahun sehingga tidak terlalu menyita waktu belajar.
b. Tadabbur Qur’an, peserta didik dibekali dengan kajian isi kandungan beberapa ayat dan surah penting dalam Al-Qur’an terutama yang terkait dengan Tauhid dan Akhlakul Karimah.
Kedua program tersebut dilaksanakan pada jam tambahan setelah jam efektif usai yaitu 30 menit setelah jam efektif.
6. Memorizing Vocabs
Peserta didik diharuskan menghafal Vocabs (kosa kata) dan ungkapan-ungkapan yang popular digunakan dalam percakapan sehari-hari (daily expressions) minimal 20 kata/ungkapan setiap minggu. Program ini dibimbing langsung oleh seorang Tutor yang dibantu oleh wali kelas masing-masing.
E. KEWAJIBAN SISWA/SISWI ICP :
1. Mematuhi peraturan dan tata tertib.
2. Membayar SPP tepat waktu.
3. Membayar biaya Ujian Internasional (Ujian CHECK POINT) dengan ketentuan sbb :
Bahwa siswa yang sudah teregistrasi pada tahun pertama (di kelas 7) secara otomatis telah terdaftar sebagai PESERTA UJIAN CHECK POINT diakhir tahun Kelas 9. Jadi, apabila siswa tersebut Mutasi ke Sekolah lain atau pindah ke Kelas Regular di MTs. Hasan Jufri maka siswa tersebut tetap berkewajiban membayar biaya UJIAN CHECK POINT (tahun lalu : 1.400.000,-) .
4. Mengikuti Program ICP dengan disiplin.
F. ANJURAN BAGI SISWA ICP :
1. Memiliki Kamus Bhs. Inggris yang sudah standar (Kamus John Echol).
2. Memiliki Laptop sendiri.
3. Memiliki Al-Qur’an dan terjemahnya.
G. KEWAJIBAN WALI MURID ICP :
1. Menjadi partner guru dalam mewujudkan tujuan pendidikan :
a. Di sekolah : Orang tua di harapkan untuk ikut memberikan perhatian secara aktif mengawasi kegiatan belajar anak di sekolah. (sekurang-kurangnya 1 kali dalam 3 bulan datang kesekolah untuk mengetahui perkembangan anak).
b. Di rumah : Orang tua di harapkan untuk selalu mendampingi dan mengontrol kegiatan belajar anak. (mengecek Worksheet atau buku pelajaran anak, membimbing anak mengerjakan PR, dll.).
c. Di masyarakat : Orang tua di harapkan untuk mengawasi pergaulan anak di lingkungan masyarakatnya. (memilih teman bergaul, memberikan keseimbangan antara waktu belajar dan bermain).
2. Memberikan LES (terutama bagi siswa kelas 7), LES Bahasa Inggris dan Matematika bagi putra/putrinya. Hal ini dapat dilaksanakan dengan beberapa kegiatan LES, yaitu :
a. LES privat, yaitu satu dua sampai tiga orang siswa memanggil guru LES datang kerumahnya. (sekurang – kurangnya 2 kali dalam satu minggu!)
b. LES di Sekolah, yaitu siswa mengikuti kegiatan LES di Sekolah atas persetujuan orang tua.
H. HAK – HAK WALI MURID ICP :
1. Menjadi anggota dan aktif dalam Paguyuban Wali Murid.
2. Memperoleh informasi mengenai perkembangan pendidikan putra/putrinya dari pihak sekolah.
3. Menyampaikan ide/gagasan, keluhan, kritik konstruktif kepada pihak sekolah untuk kebaikan bersama.
Kebunagung, 26 Juli 2017
Mengetahui, Koordinator ICP
Kepala MTs. Hasan Jufri
M U Q R I, S.Pd.SD AINUN JARIYAH, S.Si
Posting Komentar